Resep Martabak Manis Teflon Gampang dan Simpel

Resep Martabak Manis Teflon yang Gampang dan Simpel

Resep Martabak Manis Teflon

Resep martabak manis teflon ternyata sedang jadi trend saat wabah ini. Banyak orang yang ingin mencoba dan bereksperimen dalam membuat martabak. Hal ini karena rasa yang enak dan juga sebenarnya pembuatannya tidak begitu susah sehingga bisa dicoba banyak orang.

Kata martabak sendiri secara bahasa sebenarnya diambil dari bahasa arab yang mana memiliki makna terlipat. Hidangan ini juga banyak diketemukan di Arab Saudi, Malaysia, dan beberapa negara asia tenggara terhitung negara kita sendiri, Indonesia.

Tetapi, nama dari hidangan ini umumnya bergantung dari wilayah di tempat. Ada yang menyebut hidangan ini dengan jelas bulan, ada juga yang menyebutkan sajian ini dengan apam balik, dan lain-lain. Tetapi dari sisi pembikinan dan bahan mayoritas sama dengan martabak yang kita mengenal.

Martabak biasa jadi dengan cita-rasa asin dan manis. Dalam cita-rasa asin, umumnya material dasar martabak ditukar jadi telur dengan kombinasi sayur dan tahu. Dihidangkannya dengan sauce cuka dan acar.

Dalam cita-rasa manis, umumnya martabak diberi topping meses, keju, kacang dan susu. Tetapi sekarang ini lagi banyak menu baru yakni dipertambah marshmallow, cokelat tangkai, ovomaltine, nutella, dan ada banyak macam yang lain. Selanjutnya berikut bahan bahan yang dibutuhkan dan juga langkah langkah pembuatannya.

Resep Martabak Manis Teflon yang Gampang dan Simpel
Martabak Manis Teflon, foto: Pixabay

Bahan-bahan Martabak Manis

  • 5 sdm tepung terigu
  • Seperlunya air
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • Seperlunya garam
  • Seperlunya vanilli bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sdt soda kue
  • 30 gr susu full krim bubuk

Bahan Topping Martabak Manis

  • Margarin atau butter (tentukan salah satu)
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • Keju parut atau topping sesuai dengan selera

Langkah-langkah Membuat Martabak Manis

  1. Telur dan gula dikocak terlepas, kemudian campur seluruh bahan adonan terkecuali untuk soda kue belum bisa digabung pada tahapan ini. Aduk adonan sampai bahan rata tercampur. Lihat adonan janganlah sampai terlampau encer atau kental.
  2. Adonan yang sudah kalis dan rata selanjutnya ditutup dan biarkan sepanjang 1 jam. Adonan ditutup dengan memakai kain atau plastic wrap.
  3. Bila adonan telah ditutup dan didiamkan sepanjang 1 jam, diaduk-aduk sampai rata kembali lalu tambah soda kue. Aduk sampai soda kue rata dengan adonan.
  4. Persiapkan teflon, lalu panasi dengan api yang kecil sepanjang lebih kurang 2 menit atau sampai teflon betul-betul panas. Untuk pastikan teflon telah panas, recikan air pada teflon bila air cepat lenyap karena itu teflon siap dipakai.
  5. Sesudah teflon siap, karena itu adonan dituang lalu digoyangkankan ke semua segi teflon sampai membuat tepian lingkaran yang kering.
  6. Adonan dinanti sampai bersarang. Kemudian tabur gula pasir di atas martabak dan tutup teflon sampai adonan masak. Angkat martabak yang telah masak, pinggirkan.
  7. Martabak yang telah disisihkan dibaluri margarin atau butter, lalu dipertambah susu kental manis dan keju atau mungkin dengan topping sesuai selera Anda.
  8. Sesudah dipertambah topping, tutup martabak sampai membuat 1/2 lingkaran lalu potongi. Martabak siap dihidangkan.

Demikian pembahasan mengenai Resep Martabak Manis, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.