Resep Bubur Ayam Bandung yang Bikin Ketagihan, Cocok untuk Makan pagi

Resep Bubur Ayam Bandung yang Bikin Ketagihan, Cocok untuk Makan pagi!

Resep Bubur Ayam Bandung, Lezat dan bikin Nagih

Bila Mam atau keluarga tinggal atau sempat berkunjung Kota Bandung, pasti Mam tahu jika ada banyak menu makan pagi ciri khas Kota Kembang itu. Beberapa menu atau jajan kaki lima di Bandung yang ada tiap pagi yakni nasi kuning Bandung, bubur ayam Bandung, kupat tahu Singaparna, dan lontong kari.

Berbeda dengan bubur ayam Jakarta yang umumnya memakai sate ati ampela, bubur ayam Bandung mempunyai keunikan tertentu. Walau sama dikasih kuah atau bumbu kuning, bubur ayam Bandung sudah tentu dikasih topping cakue irislah.

Cakue sebagai satu roti kopong asin yang memiliki bentuk panjang. Hal yang wajar dan umum terjadi adalah cakue yang seringkali dijadikan topping dalam bubur ayam Bandung. Tidak lain karena camilan cakue sendiri adalah khas dari Kota Bandung.

Menyaksikan penampilannya, kemungkinan Mam berpikiran jika bubur ayam Bandung cukup serupa dengan bubur ayam Shanghai. Bubur ayam Shanghai memakai topping yang paling serupa yakni ayam suwir, telur, dan cakue goreng yang diiris-iris.

Menyaksikan riwayat bubur, sebetulnya makanan ini sudah dihidangkan beratus-ratus tahun lalu di beberapa rumah tradisionil India Timur dan Cina. Zhou atau bubur beberapa bijian yang saat ini berkembang jadi bubur beras ialah makanan yang umum dikonsumsi tiap hari di semua Asia.

Traditional Chinese medicine (TCM) mengaku faedah kesehatan dari bubur beras. Selainnya dapat dikonsumsi tanpa lauk atau mungkin dengan lauk/topping, secara klinis bubur dipakai untuk tingkatkan kesehatan yang bagus dan pencernaan yang kuat.

Menurut TCM, karena bubur simpel ini gampang diolah dan diasimilasi, hal tersebut akan menolong memperlancar pencernaan dan memperlancar peredaran darah dan menolong menambahkan energi. Bubur bisa menurunkan permasalahan infeksi dan mengembalikan mekanisme ketahanan tubuh.

Karakter terapeutiknya bisa dipertingkat dengan menambah bubur beras dengan beberapa bijian, sayur, daging, atau rempah-rempah. Ditambah, memberikan rasa pada bubur bisa dilaksanakan dengan jeli atau mungkin dengan apa saja yang ada di dapur.

Trick membuat bubur yang sedap dengan tidak hilangkan rasa nasi dan menambah topping tanpa mengeduk dan menambahkan semua. Semakin banyak air saat mengolah lebih bagus dibanding semakin sedikit dan waktu mengolah yang semakin lama membuat manfaat obat yang semakin kuat.

Berikut ialah resep bubur ayam Bandung yang semestinya dapat Mam coba sendiri di dalam rumah. Ingat-ingatlah jika bubur ayam Bandung ini pas untuk siapa atau khususnya bagian keluarga yang sakit.

Resep Bubur Ayam Bandung Simpel

Membuat bubur ayam simpel bila ada salah satunya bagian keluarga yang sakit, dapat Mam kerjakan secara coba resep bubur ayam Bandung dari Mam Gynapamungkas.

Sementara untuk tambahan topping atau hiasannya, Mam perlu mempersiapkan kacang kedelai goreng, telur rebus, dan ayam goreng yang disuwir. Gampang sekali ya Mam? Bubur ayam Bandung simpel ini dapat menjadi menu MPASI lho Mam.

Bahan Bubur Ayam Bandung:

  • 1 cup Beras
  • 1 L Air kaldu ayam
  • 2 L Air
  • 4 Helai daun salam
  • Sepotong dada ayam rebus, suwir
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 5 sdt Garam (peres)
  • 30 ml Santan instant
  • ½ sdt Kaldu bubuk

Toping/ Pendamping Bubur Ayam Bandung:

  • Kacang kedelai goreng
  • Potongan daun bawang
  • Krupuk
  • Telur rebus
  • Sambal cabe rawit
  • Potongan cakue
  • Kecap

Langkah Membuat Bubur Ayam Bandung:

  1. Rebus beras dengan 1 L air dan daun salam memakai api sedang. Diamkan sampai beras jadi benyek.
  2. Bila air telah sedikit berkurang, tambah air kaldu dan diamkan sampai beras jadi bubur (sekalian kadang-kadang diaduk-aduk).
  3. Tambah garam, kaldu bubuk, merica dan santan, lalu aduk sampai rata.
  4. Bila bubur belum juga benyek dapat tambah tersisa air (1 ltr) sampai bubur betul-betul benyek prima
  5. Aduk terus janganlah sampai sisi bawahnya gosong.
  6. Bila bubur telah set, api matikan.
  7. Suguhkan bubur berbahan pendamping dan bubur ayam Bandung siap dikonsumsi dengan keluarga atau Sang Kecil.

Itu resep bubur ayam Bandung yang rasanya renyah dan nikmat. Dapat dicicipi pagi atau malam hari, bubur ayam Bandung rasanya semakin lebih nikmat bila Mam masak sendiri di dalam rumah.

Demikian pembahasan mengenai resep Bubur Ayam Bandung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.