Kumpulan Aplikasi yang bisa diakses gratis pakai Kuota Belajar

Kumpulan Aplikasi yang bisa diakses gratis pakai Kuota Belajar

Kumpulan Aplikasi yang bisa diakses pakai Kuota Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperjelas, terus akan mengupdate daftar Aplikasi service belajar yang ada dalam Kuota belajar Aplikasi bantuan Kuota data internet. Daftar 19 Aplikasi yang sekarang ini ada bukan harga mati, hingga masih terus semakin bertambah.

Aplikasi itu terus akan dipelajari, bahkan juga benar-benar bisa saja untuk macam Aplikasi lain untuk bergabung ke Aplikasi yang bisa dijangkau memakai Kuota belajar itu. Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Info Kemendikbud, M. Hasan Chabibie menjelaskan, jika daftar Aplikasi yang bisa dijangkau lewat Kuota belajar ini terus akan diperbaharui sesuaikan saran dari khalayak.

“Jadi ini (19 Aplikasi) bukan harga mati, jika sudah 19 ini memiliki arti tidak dapat terhubung lainnya, itu salah. Dapat, ini karena satu kali lagi, saat itu kami siapkan dalam saat yang cukup tiba-tiba,” terang Hasan dalam Pertemuan Jurnalis bertopik “Peraturan Kontribusi Kuota Data Internet Tahun 2020” yang diadakan secara online, Selasa, 29 September 2020.

Karena itu, Kemendikbud terus akan buka diri untuk Aplikasi evaluasi untuk mendaftar dianya agar dijangkau oleh Kuota Belajar Bantuan Kuota data internet itu. “Jika ada universitas, sekolah yang sejauh ini mengurus evaluasi online memakai Aplikasi, atau universitas mempunyai startup Aplikasi belajar dan ingin masuk, silahkan kami benar-benar terbuka dan suka hati,” terangnya.

Beberapa aplikasi itu dipersilahkan untuk mendaftarkannya berbentuk surat sah ke Pusdatin Kemendikbud. “Pak ini ada Aplikasi bagus, kelak dapat digunakan untuk evaluasi alamatnya misalkan sekian-sekian dot demikian. Kami akan terima. Kami akan sampaikan. Dan akan kami up-date situs ini sesuai saran dari warga,” jelas Hasan.

Selanjutnya Hasan mengingati, jika ada beberapa Aplikasi belajar yang diwajibkan bayar agar bisa terhubung materinya. Tetapi dia minta supaya peserta didik atau pengajar tidak memaksa diri memakai yang berbayar itu.

“Kami sadar benar ada Aplikasi yang berbayar, tetapi ada pula yang free, seperti Rumah Belajar. Yang berbayar itu kebijakan dari tiap-tiap startupnya atau laman-laman itu. Tetapi untuk mengaksesnya dari segi internetnya, kami yakinkan 0 Kuota. Jika tidak ingin mengambil yang berbayar tidak ada apa-apa, silahkan mengambil yang gratis banyak juga,” papar Hasan.

Awalnya, Liga Serikat Guru Indonesia (FSGI) menanyakan dan menyangsikan integritas lima antara 19 Aplikasi itu. Wakil Sekretaris Jenderal Liga Serikat Guru Indonesia (FSGI), Fahriza Tanjung menerangkan faksinya sudah mencari Aplikasi itu. Minimal kata Fahriza, dari 19 Aplikasi yang dijajakan, ada lima Aplikasi yang disangsikan kekuatannya.

“Kami mendapati ada banyak Aplikasi yang pantas disangsikan kemampuannya,” kata Fahriza dalam Launching Survey Kontribusi Kuota Internet dan Bantu Peringkasan Kurikulum 2013 yang diadakan secara online, Minggu, 27 September 2020.

Ke-5 Aplikasi itu ialah Aminin, AyoBelajar, Birru, Ganeca Digital, dan Eduka. FSGI menanyakan efektifitas pemakaian Aplikasi itu, karena berdasar data Google Playstore juga mereka cuman didownload oleh 5.000, 1.000, bahkan juga 100 pemakai saja.

Daftar 19 Aplikasi yang bisa dijangkau memakai Kuota belajar:

  1. Aplikasi dan web Rumah Belajar
  2. Aplikasi dan web Google Classroom
  3. Aplikasi dan web Microsoft Education
  4. Aplikasi dan web Quipper
  5. Aplikasi dan web Sekolah.Mu
  6. Aplikasi dan web Zenius
  7. Aplikasi dan web Ruangan Guru
  8. Aplikasi dan web Kipin School 4.0
  9. Aplikasi dan web Udemy
  10. Aplikasi dan web Ayoblajar
  11. Aplikasi dan web Eduka sistem
  12. Aplikasi dan web Bahaso
  13. Aplikasi dan web Birru
  14. Aplikasi dan web Mahir
  15. Aplikasi dan web Duolingo
  16. Aplikasi dan web Edmodo
  17. Aplikasi dan web Aminin
  18. Aplikasi dan web Ganeca digital
  19. Aplikasi WhatsApp

Demikian pembahasan mengenai Aplikasi gratis pakai Kuota Belajar, Selamat mempraktikkan Kuota belajar 2021!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *