Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip Begini Cara Mengatasinya

Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip? Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Berkedip

Printer ini kelihatannya cukup terkenal di lapisan orang yang “pemula” pada pemeliharaan printer, bagaimana tidak, printer jarang-jarang “rewel” atau alami permasalahan yang pengatasannya cukup sulit hingga susah dilaksanakan orang “pemula”.

Tetapi selain semua keunggulannya, Printer Canon Pixma iP2770 (terutamanya punyai Saya) cukup kerap memiliki masalah pada cartridge, memang bila cartridge memiliki masalah atau bahkan juga hancur sekalinya langkah cukup hanya menukar cartridge-nya saja, tak perlu menukar printer keseluruhannya.

Printer Canon Pixma iP2770 punyai Saya misalnya, minimal telah 2x tukar cartridge (cartridge warna dan cartridge hitam) dalam empat tahun ini, memang berkesan boros bila dihitung dari pengeluaran untuk beli cartridge.

Harga cartridge hitam-nya saja sekitar Rp100.000 sampai Rp175.000 dan cartridge warna tambah mahal kembali, sekitar Rp200.000 sampai Rp250.000 (harga didaerah Anda atau di daerah lain kemungkinan tambah mahal atau tambah murah).

LED Kuning Berkedip-kedip 5x, Tanda-tanda Kekeliruan (error) Pada Cartridge

Saat lampu tanda yang warna kuning berkedip-kedip 5 kali (kurang, tidak lebih), lalu disudahi dengan lampu tanda yang warna hijau yang berkedip-kedip 1x, hal itu mengisyaratkan ada permasalahan dengan cartridge.

Pada umumnya munculnya lampu yang berkedip ini disebabkan oleh cartridge yang kotor bisa karena cipratan tinta saat melakukan isi ulang yang kurang pas, atau bisa jadi karena cartridge yang sudah lama (waktunya diganti) dan sensor pada printer merekomendasikan untuk menukar cartridge.

1. Membersihkan Chip Cartridge

Cartridge yang kotor (khususnya sisi chip-nya) bisa mengakibatkan permasalahan pada printer, oleh karenanya bersihkan chip cartridge bisa menjadi jalan keluar menangani permasalahan error pada cartridge, berikut beberapa langkahnya:

2. Mengeluarkan ke-2 cartridge dari printer

Untuk keluarkan cartridge Canon Pixma iP2770 dari printernya sangat gampang, cukup dengan buka penutup printernya saja, yakni dengan mengusung penutup printer dari sisi keluarnya kertas saat proses pembuatan dan status cartridge akan siap untuk dikeluarkan, mengeluarkan ke-2 cartridge dengan berhati-hati. (Baca : Piranti Input dan Output Komputer)

3. Membersihkan sisi chip (ada di belakang cartridge)

Di bagian belakang cartridge ada chip yang (nanti) tersambung dengan motherboard printer untuk proses pengaturan (controling) dan pantauan kondisi cartridge, saat terjadi kekeliruan (error) pada cartridge umumnya sisi chip itu yang memiliki masalah. (Baca : Peranan Tehnologi Dalam Pengajaran)

Pakai tisu kering dan bersih untuk bersihkan sisi chip itu, yakinkan sisi chip cartridge betul-betul bersih dan kering (janganlah sampai ada bintik seperti bintik tinta), bila ada bintik tinta yang susah dibikin bersih, pakai penghapus karet untuk membersihkan. (Baca : Peranan Search Engine)

4. Pasang lagi cartridge

Kerjakan secara berhati-hati, yakinkan cartridge dipasang dengan tepat dan benar, selanjutnya tutup kembali penutup printer jika memang perlu kerjakan head clean (atau deep clean) sesudah cartridge terpadang dan penutup printer tertutup kembali.

5. Reset dengan Resetter, bila Langkah Di atas Tidak Jadi Jalan keluar

Beberapa printer memang sediakan resetter pada piranti kerasnya, umumnya ada di bagian belakang dudukan cartridge, resetternya berbentuk tombol, tetapi untuk Printer Canon Pixma iP2770 resetter-nya berbentuk piranti lunak, itu juga bukan piranti lunak sah dari perusahaan Canon.

Mencari dengan kata kunci “ip2770 resetter” pada mesin perayap (Google misalnya), piranti lunak dan langkah pemakainnya banyak pada artikel di beberapa website, tetapi berhati-hati, piranti lunak resetter bukan piranti lunak yang di-launching oleh perusahaan Canon.

Beberapa link unduh kemungkinan arahkan Anda pada link berisi malware, adware dan lain-lain, atau piranti lunak yang Anda ambil sudah terserang virus (atau teror lain), karena itu wajib untuk Anda untuk pastikan computer pada kondisi terlindung oleh (minimal) Anti Virus yang terupdate atau seharusnya Internet Security.

Internet Security akan scan URL pada situs browser apa aman atau bukan untuk didatangi, jadi Anda tidak sampai terjerat buka URL yang berisi content yang beresiko (untuk computer).

Ya, demikian ulasan berkenaan langkah menangani printer Canon Pixma iP2770 yang lampu tanda warna kuningnya berkedip-kedip 5x (tanda-tanda error), mudah-mudahan berguna untuk bahan rekomendasi dan jalan keluar, keep learning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *