Cara Ganti Background Zoom di HP dengan Mudah

Cara Ganti Background Zoom di HP dengan Mudah

Cara Ganti Background Zoom di HP

Zoom adalah aplikasi meeting yang memiliki banyak fitur di dalamnya. Salah satu fitur menarik dari Zoom adalah mengganti background video penggunanya agar terlihat lebih menarik. Cara ganti background Zoom di HP pun sangat mudah namun memang cukup tersembunyi sehingga tidak banyak yang tahu.

Mengganti background video pada Zoom selain membuat tampilan menjadi lebih menarik, terkadang juga karena kewajiban ketika ada peraturan tertentu saat melakukan meeting. Agar tidak lagi bingung ketika mendapatkan tugas serupa, berikut kami bagikan bagaimana cara mengganti background di Zoom.

Cara Ganti Background Zoom

Zoom adalah platform atau aplikasi video call yang bisa digunakan untuk banyak orang sekaligus dan bisa digunakan di berbagai device seperti PC dan HP. Keduanya bekerja dengan sama baiknya dengan berbagai fitur yang tidak berbeda jauh. Salah satunya tentu saja mengganti background.

Pengguna Zoom bisa mengganti background mereka baik saat menggunakan Zoom di HP maupun saat menggunakannya di komputer. Untuk cara pertama, kami akan bagikan cara mengganti background Zoom di HP terlebih dahulu.

  1. Cara Ganti Background Zoom di HP

Sebagian dari kita mungkin sering melihat background Zoom diubah saat pengguna tersebut menggunakan layar desktop saja. Nyatanya, pengguna Zoom dapat mengubah background video mereka dimana pun mereka menggunakan aplikasi ini termasuk di HP. Begini caranya :

  • Pastikan aplikasi Zoom sudah terinstal di smartphone
  • Buka aplikasi dan masuk menggunakan akun Google
  • Setelah itu buat atau gabung dengan rapat yang sudah tersedia
  • Untuk mengganti background, klik ikon 3 titik di sisi kanan bawah pada layar untuk membuka menu
  • Di menu yang terbuka, pilih opsi Virtual Background
  • Pilih background yang sudah disediakan oleh Zoom atau cari gambar sendiri sebagai background

Setelah melakukan cara di atas, seharusnya sekarang background video di Zoom HP sudah berganti dengan gambar yang telah dipilih. Nah, untuk Zoom di smartphone, sebaiknya gunakan background portrait atau yang sesuai dengan ukuran layar smartphone yang sedang digunakan.

  1. Cara Mengganti Background Zoom di PC / Desktop

Selain di HP, biasanya Zoom juga sering digunakan pada platform PC atau desktop. Di sini, pengguna juga bisa mengganti backgroundnya. Caranya pun hampir sama seperti cara ganti background Zoom di HP dan mungkin hanya berbeda di letaknya saja. Berikut detail caranya :

  • Pastikan sudah menginstal aplikasi Zoom di PC baik untuk versi Windows maupun Mac, jika belum unduh dan instal dahulu sesuai dengan sistem operasi yang sedang digunakan
  • Setelah itu buka aplikasi Zoom dan masuk ke profil dengan klik profil pengguna dan masuk ke pengaturan
  • Di menu sebelah kiri, pilih opsi virtual background
  • Menu ini terkadang tidak ada, jika tidak menemukannya, langsung saja masuk ke situs Zoom dan buka pengaturan lalu pilih opsi virtual background
  • Tab virtual background akan terbuka lalu pilih background mana yang akan dipakai. Kita juga bisa memilih background sendiri dari penyimpanan komputer
  • Pilih opsi green screen untuk mendapatkan pengalaman virtual background yang lebih baik
  • Selesai.

Cara di atas akan mengubah virtual background ketika belum tergabung dalam rapat. Tapi, jika kasusnya seorang pengguna Zoom sudah tergabung ke dalam rapat, maka caranya akan berbeda. Berikut tutorial cara ganti backgriund Zoom di PC jika sudah tergabung dalam rapat :

  • Pastikan sudah tergabung dalam rapat dan rapat tengah berlangsung
  • Klik panah atas kecil di sudut tombol klien di bagian bawah layar yang letaknya di samping hentikan video
  • Sebuah pop up kecil akan muncul dan pilih change virtual background
  • Pada tab virtual background yang muncul, pilih salah satu vitual background yang disediakan oleh Zoom atau bisa juga mengunggah gambar sendiri
  • Pengguna juga bisa memilih pengaturan green screen jika sedang menggunakan green screen untuk pengalaman virtual background yang lebih baik
  • Untuk bisa menambahkan gambar atau virtual background sendiri, klik ikon + lalu pilih gambar dari penyimpanan komputer
  • Selesai.

Nah itulah dia cara ganti background Zoom di HP dan di PC yang bisa dilakukan. Namun, untuk mendapatkan pengalaman menggunakan virtual background yang terbaik, pengguna bisa melakukan beberapa hal agar virtual background yang dipilih dapat tampil dengan baik.

Berikut ini tips untuk menggunakan virtual background di Zoom :

Tips Menggunakan Virtual Background di Zoom

  1. Gunakan Green Screen

Seperti halnya video editor yang kerap menggunakan green screen agar sebuah background dapat dengan mudah di-trace oleh sistem, menggunakan virtual background di Zoom juga demikian. Menggunakan green screen akan memudahkan Zoom untuk mengenali dimana background berada.

Dengan demikian, hasil crop otomatis dari sistem akan terlihat lebih halus dan pergerakan video menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan warna hijau adalah warna yang paling mudah dikenali sebagai bagian kosong dari sebuah video oleh sistem.

Untuk bisa menggunakan green screen, pengguna bisa menggunakan apa saja yang memungkinkan untuk menutupi wilayah latar belakang dengan warna hijau seperti kertas atau kain.

  1. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Saat memutuskan untuk menggunakan virtual background, maka usahakan untuk menggunakan pencahayaan yang baik. Terutama jika tidak menggunakan green screen. Ketika green screen tidak digunakan, Zoom umumnya akan mencari warna putih lebih dulu untuk dijadikan virtual background.

Sedangkan ketika penggunaan cahaya tidak baik, misalnya terlalu terang, maka akan ada bagian pada wajah yang terlalu mengkilap sehingga berpotensi dikenal oleh Zoom sebagai background. Akibatnya, virtual background akan diimplementasikan pada wajah atau bahkan mata.

Namun bukan berarti harus menggunakan pencahayaan yang redup ya. Karena jika pencahayaan terlalu redup, warna putih akan kurang menonjol dan virtual background yang digunakan akan kurang sempurna. Selain itu wajah pengguna pun akan kurang terlihat dengan jelas pada kamera.

  1. Gunakan Gambar dengan Resolusi yang Tepat

Saat melakukan cara ganti background Zoom di HP atau di PC dan memilih untuk menggunakan gambar sendiri baik dari galeri atau penyimpanan komputer, maka pastikan untuk gunakan gambar dengan resolusi yang tepat.

Jika resolusi gambar terlalu kecil, maka background akan terlihat pecah-pecah. Hal ini biasanya berlaku ketika virtual background digunakan sebagai syarat untuk mengikuti meeting tertentu. Jika gambar pecah-pecah, maka informasi pada virtual background tersebut tidak bisa terlihat.

Jadi pastikan gambar tersebut cukup jelas, dan tidak pecah ketika dizoom.

  1. Sesuaikan dengan Situasi Rapat

Zoom menyediakan banyak virtual zoom yang bisa digunakan secara gratis. Namun jangan sembarangan menggunakan virtual zoom di sini ya. Sesuaikan dengan suasan rapat. Jika suasana serius, maka hindari menggunakan background yang sifatnya lucu.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan virtual background di Zoom. Pengguna bisa menggunakannya hanya untuk menghias video call agar lebih berwarna, atau bahkan mencoba memberikan informasi tertentu kepada para penontonnya. Jadi gunakan secara bijak ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *