Cara Screenshot di Laptop Terlengkap.jpg!d

Cara Screenshot di Laptop Terlengkap

Cara Screenshot di Laptop Terlengkap

Ketika menggunakan laptop, sering kita dihadapkan situasi untuk melakukan screenshot laptop. Alasannya mungkin karena ingin mengambil foto dokumen, foto ketika sedang seminar online dan lain sebagainya. Supaya bisa melakukan screenshot, kita perlu tahu bagaimana cara screenshot di laptop.

Screenshot di laptop sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot. Selain itu screenshot di laptop juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan proses penyimpanannya mudah. Biasanya hasil screenshot akan masuk ke dalam laptop kita.

Cara Screenshot di Laptop yang Terlengkap

Ada 4 cara untuk melakukan screenshot di laptop. Keempat cara ini bisa menjadi referensi kita dalam mengambil momen atau foto dari layar laptop. Memang ketika bekerja di depan laptop, kita sering membutuhkan fitur screenshot. Tujuannya baik untuk kebutuhan pribadi, pekerjaan ataupun sekolah.

  1. Cara Screenshot di Perangkat Laptop Lewat Tombol PrintScreen

Cara pertama melalui tombol PrintScreen. Tombol ini terletak di dalam keyboard laptop dan biasanya terletak di bagian kanan atas keyboard. Keunggulan screenshot dengan cara ini adalah kita tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan, dan juga kita tidak perlu membuka aplikasi bawaan pada laptop.

Sayangnya cara ini juga memiliki kekurangan. Dengan melakukan screenshot menggunakan PrintScreen, kita tidak bisa mengatur ukuran hasil screenshot. Pasalnya PrintScreen akan melakukan screenshot dalam 1 layar penuh sehingga kita perlu mengeditnya lagi untuk memperkecil ukurannya.

  • Langkah pertama, silakan kita nyalakan laptop dan pilih halaman yang ingin dilakukan screenshot. Silakan pilih halaman apa saja, karena tidak ada batasan ketika ingin mengambil layar atau screenshot lewat PrintScreen.
  • Langkah berikutnya silakan tekan tombol PrintScreen yang posisinya berada di sisi kanan atas keyboard. Biasanya memang tidak ada perubahan ketika melakukan screenshot. Hal ini karena hasil screenshot akan otomatis berada di clipboard.
  • Silakan buka clipboard dan lihat mengenai hasil screenshot kita. Bagi yang ingin mengedit hasil screenshot, caranya juga tidak sulit. Kita hanya perlu buka aplikasi Paint dan silakan klik Ctrl + V atau paste, untuk menempelkan hasil screenshot layar di laptop.
  • Silakan kita untuk mengedit sesuai keinginan baik dari segi layar, warna, ukuran dan lain sebagainya.
  • Terakhir silakan simpan hasil screenshot dengan mengklik laman “File” dan pilih “Save As”. Nantinya silakan dimana kita ingin meletakan file hasil screenshot. Apakah berada di Volume D, Desktop atau lain sebagainya.
  1. Cara Screenshot di Layar Laptop Dengan Tombol Windows + PrintScreen

Cara kedua yang tidak kalah menarik yaitu menggunakan tombol Windows + PrintScreen. Cara ini bisa dicoba jika ingin melakukan tangkapan layar di laptop merek apapun. Dengan menerapkan metode ini, kita bisa lebih mudah ketika ingin melakukan screenshot di layar laptop, kapan dan dimana saja.

Cara ini menjadi alternatif jika cara pertama dinilai kurang maksimal, ataupun tidak berhasil di laptop kita. Walaupun begitu cara ini bisa menjadi pilihan kita jika ingin melakukan screenshot laptop tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Supaya tidak bingung, berikut ini cara selengkapnya.

  • Pertama-tama silakan kita pilih layar yang ingin dilakukan screenshot. Silakan pilih sesuai kebutuhan misalnya layar home, layar di Google Chrome, layar di Volume D, Documents dan lain sebagainya.
  • Langkah berikutnya klik tombol Windows dan Printscreen secara bersamaan. Tombol Windows berbentuk persegi dan posisinya mirip dengan ikon yang bentuknya seperti bentuk jendela. Sedangkan tombol PrintScreen berada di sebelah kanan atas keyboard laptop kita.
  • Pastikan untuk mengklik kombinasi Windows dan Printscreen secara bersamaan. Pasalnya jika tidak bersamaan maka, proses screenshot layar tidak akan berjalan dengan berhasil.
  • Nantinya usai melakukan screenshot, kita jangan bingung mengenai hasil screenshot. Pasalnya hasil screenshot akan berada di file dokumen Picture di laptop kita. Oleh karena itu kita tidak perlu bingung mengenai hasilnya.
  • Selanjutnya, silakan kamu buka file Picture.
  • Supaya mempermudah dalam mencari foto hasil screenshot, silakan klik kanan, lalu klik Sort by dan klik Date. Nantinya hasil screenshot akan berada di urutan teratas, karena penyortiran file berdasarkan waktu.
  1. Cara Screenshot di Layar Laptop Dengan Kombinasi Tombol Alt + PrintScreen

Jika laptop kita tidak bisa melakukan screenshot, hanya dengan menekan PrintScreen maka solusinya dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + PrintScreen. Cara screenshot di laptop ini bisa menjadi alternatif bagi kita yang ingin melakukn screenshot layar laptop. Pasalnya cara screenshot cukup mudah.

Lalu dengan menerapkan cara yang satu ini, kita dapat menghemat waktu karena proses screenshot terbilang lebih cepat dan praktis. Pasalnya kita bisa melakukannya tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, karena seluruh proses screenshot sepenuhnya menggunakan tombol di laptop.

  • Pertama-tama silakan pilih aplikasi atau file yang ingin dilakukan screenshot. Biasanya screenshot dilakukan pada situs internet tertentu, file di Microsoft Word atau PowerPoint dan lain sebagainya. Jadi pilih file untuk screenshot sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah itu silakan klik tombol Alt dan PrintScreen secara bersamaan. Perlu diketahui bahwa tombol Alt berada di sebelah kiri bawah dan letaknya di samping tombol spasi. Lalu tombol PrintScreen letaknya berada di bagian kanan atas keyboard.
  • Pastikan klik kedua tombol tersebut. Pasalnya jika kita tidak melakukannya secara bersamaan dikhawatirkan, proses screenshot tidak akan berhasil.
  • Jika sudah berhasil, silakan buka clipboard dan lihat mengenai hasil screenshot kita. Bagi yang ingin mengedit hasil screenshot, caranya juga tidak sulit. Kita hanya perlu buka aplikasi Paint dan silakan klik Ctrl + V atau paste, untuk menempelkan hasil screenshot layar di laptop.
  • Silakan kita untuk mengedit sesuai keinginan baik dari segi layar, warna, ukuran dan lain sebagainya.
  • Terakhir silakan simpan hasil screenshot dengan mengklik laman “File” dan pilih “Save As”. Nantinya silakan dimana kita ingin meletakan file hasil screenshot. Apakah berada di Volume D, Desktop atau lain sebagainya.
  1. Cara Screenshot di Layar Laptop Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Cara keempat menggunakan aplikasi Snipping Tool. Cara ini menggunakan aplikasi tambahan yaitu Snipping Tool. Keunggulan menggunakan aplikasi tambahan adalah kita bisa mengatur mengenai posisi layar yang akan dilakukan screenshot. Kita bisa atur mengenai bagian mana yang ingin screenshot.

Hal ini menjadi keunggulan yang tidak dimiliki jika melakukan screenshot menggunakan tombol PrintScreen. Lewat Snipping Tool kita bisa lebih efisien karena kita bisa mendapatkan gambar inti yang diinginkan.  Berikut ini cara untuk screenshot lewat aplikasi Snipping Tool.

  • Pertama-tama silakan unduh aplikasi Snipping Tool. Kita bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  • Buka aplikasi dengan klik ikon aplikasi tersebut di laptop kita.
  • Lalu klik menu “New” dan layar akan berubah menjadi lebih redup. Perubahan bentuk layar ini merupakan bagian dari proses screenshot layar jadi kita tidak perlu khawatir.
  • Potong layar sesuai dengan kebutuhan. Caranya dengan mengarahkan kursor pada bagian layar yang ingin dilakukan screenshot.
  • Proses screenshot pun selesai.

Cara screenshot di laptop memang banyak macamnya. Kita bisa memilih kira-kira cara apa yang cocok dan juga paling mudah dilakukan di laptop kita. Apakah dengan menggunakan tombol di keywboard atau aplikasi tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *