Cara Hapus Akun Telegram dengan Mudah

Cara Hapus Akun Telegram dengan Mudah

Cara Hapus Akun Telegram dengan Mudah

Telegram adalah salah satu aplikasi chatting yang bisa dibilang sangat lengkap dari segi fitur. Pada aplikasi ini pengguna bisa melakukan banyak hal termasuk menghapus akun Telegram ketika sudah tidak lagi digunakan. Sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu cara hapus akun Telegram ini.

Akun yang bisa dihapus adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini selain banyaknya kelebihan lain seperti adanya bot, grup dengan jumlah yang sangat banyak, dan lain-lain. Nah, pada artikel kali ini, akan kami bagikan bagaimana cara menghapus sebuah akun Telegram.

Sebelum Menghapus Akun Telegram

Sebuah akun Telegram yang sudah tidak lagi digunakan lagi memang sebaiknya dihapus saja untuk menghindari penyalahgunaan di masa depan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi, sebelum menghapus akun Telegram, pastikan sudah melakukan hal – hal berikut ini :

  • Cadangkan Semua Data

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun Telegram, pastikan semua data yang ada pada akun tersebut sudah dicadangkan. Lakukan hal ini untuk menyelematkan semua data karena ketika akun sudah dihapus, pengguna tidak bisa lagi mengakses data – data tersebut.

  • Keluar dari Grup

Langkah ini opsional. Karena ketika sebuah akun bergabung pada grup yang penting, maka akun tersebut akan dianggap aktif. Hal ini bisa dilakukan agar anggota grup tau bahwa akun yang akan dihapus tersebut sudah tidak akan digunakan lagi kedepannya.

  • Memberitahu Kontak Lain

Jika sering menggunakan Telegram sebagai media komunikasi utama, maka kita perlu memberi tahu orang lain bahwa akun kita akan segera dihapus agar orang tersebut tidak lagi salah menghubungi ke akun yang akan dihapus ini.

Tiga hal di atas akan lebih baik dilakukan sebelum kita menghapus akun Telegram untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Jika sudah, mari lanjut ke bagaimana cara menghapus akun Telegram berikut. Sebenarnya, sebuah akun Telegram akan secara otomatis terhapus ketika sudah tidak pernah aktif dalam waktu 6 bulan berturut – turut. Ini juga menjadi warning jika sebuah akun masih dibutuhkan, maka jangan lupa untuk dibuka.

Cara Menghapus Akun Telegram secara Cepat

Namun jika ingin menghapusnya dengan cepat tanpa harus terhapus secara otomatis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya :

  1. Menghapus Akun Telegram dari Aplikasi

Cara pertama, pengguna bisa menghapus akun Telegram mereka langsung dari aplikasi Telegram yang terinstal di smartphone mereka. Akan tetapi, cara ini tidak bisa langsung menghapus akun secara instan, melainkan harus diatur waktu atau intervalnya. Berikut detail caranya :

  • Pertama, buka aplikasi Telegram di smartphone
  • Setelah aplikasi terbuka, klik ikon tiga titik di sudut bagian atas
  • Masuk ke pengaturan Telegram dengan klik Setelan
  • Pilih opsi privasi dan keamanan lalu scroll hingga ke bawah dan klik Lanjutkan
  • Pada halaman ini, pilih Hapus Akun
  • Pilih juga durasinya, seperti 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau yang lain
  • Selesai.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada cara ini pengguna tidak akan bisa menghapus akun Telegram secara spontan. Pengguna hanya bisa menunggu waktu yang telah dipilih.

Misalnya jika pengguna memiliki durasi 3 bulan, maka akun harus didiamkan tanpa dibuka sekalipun dalam waktu 3 bulan. Caranya cukup mudah karena bisa dilakukan dengan cara menguninstall aplikasi atau menghapus aplikasi tersebut dari smartphone.

  1. Cara Hapus Akun Telegram Secara Permanen dari Browser

Cara menghapus akun Telegram di atas masih memiliki resiko karena pengguna harus menunggu cukup lama agar akun tersebut benar – benar terhapus. Karena bisa saja dalam rentang waktu tersebut akun justru terkena gangguan atau bahkan digunakan oleh orang lain untuk hal buruk.

Lantas apakah ada cara untuk menghapus akun Telegram secara permanen dan cepat? Jawabannya tentu ada. Cara ini bisa dilakukan melalui browser jadi kita bisa melakukannya baik dari HP atau PC. Berikut cara selengkapnya :

  • Pertama, buka browser di smartphone atau PC
  • Selanjutnya masuk ke situs https://my.telegram.org/delete. Website ini adalah webiste yang bisa digunakan untuk menghapus akun Telegram secara permanen
  • Setelah itu, di website tersebut masukkan nomor Telegram yang digunakan pada akun yang akan dihapus
  • Setelah sebuah kode konfirmasi akan dikirimkan ke nomor tersebut melalui aplikasi Telegram. Jika tidak ada kode yang masuk, ulangi lagi langkahnya dari langkah ke – 2
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Akun
  • Masukkan alasan kenapa menghapus akun Telegram tersebut. Ini bisa menjadi masukan jika alasannya karena hal yang berhubungan dengan keamanan aplikasi Telegram itu sendiri
  • Klik Hapus Akun Saya
  • Sebuah pop up akan muncul, konfirmasi dengan klik Ya, Hapus Akun Saya
  • Selesai.

Cara ini relatif lebih efektif daripada cara sebelumnya karena tidak perlu menunggu aplikasi menghapus akun Telegram secara otomatis. Dengan cara ini, akun akan terhapus secara instan dan terhindar dari berbagai bahaya yang mengancam ketika sebuah akun sudah lama tidak digunakan.

Saat yang Tepat untuk Hapus Akun Telegram

Sebuah akun Telegram mungkin bisa dibiarkan begitu saja tanpa harus repot – repot menghapusnya ketiika sudah lagi digunakan. Akan tetapi, ada saat – saat tertentu yang sebaiknya mengharuskan seorang pengguna Telegram untuk menghapus akunnya. Diantaranya :

  1. Ketika HP Hilang

Saat HP hilang adalah saat yang tepat untuk seseorang menghapus akun Telegramnya. Tidak hanya akun Telegram, akun lain pun harus segera dihapus, dinonaktifkan, atau segera diambil alih. Hal ini harus segera dilakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Contohnya pada kasus terburuk hp tersebut ditemukan oleh orang lain dan orang tersebut bisa membuka hp itu. Jika akun Telegram sudah dihapus, maka orang tersebut tidak bisa lagi menyalahgunakan akun pada aplikasi yang masih terinstal pada smartphone. Hal ini akan lebih aman daripada tidak dihapus.

  1. Mengganti Nomor

Ketika mengganti nomor pada smartphone biasanya dibarengi dengan pergantian akun Telegram. Nah pada saat ini, sebaiknya seorang pengguna menghapus saja akun yang tidak dipakai daripada didiamkan selama beberapa bulan sebelum Telegram menghapusnya secara otomatis.

Hal ini lebih baik agar hanya ada satu akun Telegram dengan nama orang tersebut. Selain menghindari penggunaan akun oleh orang tidak dikenal, cara ini juga dilakukan agar orang lain tidak bingung ketika ada dua akun dengan nama yang identik.

  1. Ada Indikasi Peretasan

Ketika sebuah akun Telegram sudah ada beberapa indikasi peretasan, maka sebaiknya akun tersebut segera dihapus agar peretasan segera berhenti dan tidak semakin dalam merusak akun tersebut. Namun sebelumnya jangan lupa untuk mencadangkan semua data yang ada akun tersebut.

Cara hapus akun Telegram memang sangat mudah. Tapi tetaplah berhati-hati karena akun yang sudah dihapus tidak bisa lagi dipulihkan. Jadikan pastikan sudah memikirkan matang-matang terkait keputusan menghapus akun Telegram ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *