Cara Screenshot Samsung A11 Terlengkap.jfif

Cara Screenshot Samsung A11 Terlengkap

Cara Screenshot Samsung A11 Terlengkap

Samsung A11 merupakan smartphone terbaru yang dirilis oleh Samsung. Sayangnya HP ini memiliki keunikan tersendiri dalam hal fitur screenshot layar. Samsung A11 tidak menyediakan fitur screenshot menggunakan telapak tangan. Untuk itu cara screenshot Samsung A11 sedikit berbeda dari HP lain.

Sebagian dari kita mungkin bingung dengan cara screenshot di HP Samsung A11. Padahal jika tahu caranya melakukan screenshot di Samsung A11 tidak sulit. Selain ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar proses screenshot bisa berjalan dengan maksimal. Berikut ini cara selengkapnya.

Cara Screenshot Samsung A11

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot pada Samsung A11. Cara-cara ini bisa menjadi solusi untuk kita yang bingung mengenai screenshot di Samsung A11. Harus diakui bahwa screenshot merupakan fitur yang banyak digunakan oleh pengguna HP. Misalnya untuk arsip foto.

Terkadang dalam beberapa kasus, kita perlu memfoto layar HP untuk keperluan arsip. Misalnya tanda bukti pembayaran melalui M-Banking. Lalu keperluan bukti percakapan kita di WhatsApp atau Instagram. Serta beberapa keperluan lain baik untuk keperluan pekerjaan, pribadi bahkan sesuatu yang darurat.

  1. Cara Screenshot di Samsung A11 Menggunakan Assistant Menu

Samsung A11 menyediakan fitur Assistant Menu, bagi kita yang ingin melakukan screenshot. Teknologi ini menawarkan kemudahan dalam melakukan screenshot walaupun, Samsung A11 tidak memiliki tombol di bagian bawah layar. Fitur ini juga merupakan inovasi baru karena jarang ditemui ponsel merek lainnya.

  • Langkah pertama, silakan buka smartphone Samsung A11 dan pilih menu “Settings”.
  • Berikutnya pada menu “Settings”, silakan kita masuk ke dalam menu “Accessibility” sebagai salah satu cara untuk screenshot layar HP Samsung A11.
  • Di menu “Accessibility” terdapat beberapa menu mengenai aksesibilitas layanan. Karena kita ingin melakukan screenshot layar, maka mohon untuk pilih menu “Interaction and dexterity”.
  • Selanjutnya, kita harus aktifkan “Assistant Menu” dari berbagai pilihan yang ada.
  • Selamat “Assistant Menu” telah aktif di smartphone Samsung Galaxy A11 kita. Salah satu tanda bahwa “Assistant Menu” telah aktif nantinya menu tersebut telah akan melayang di layar Samsung Galaxy A11 kita.
  • Lalu silakan kamu pilih arena mana yang akan dilakukan tangkapan layar atau screenshot. Bisa di bagian aplikasi, galeri smartphone ataupun tampilan-tampilan lain yang ada di perangkat ponsel pintar kita.
  • Setelah kita telah menentukan area screenshot, maka silakan klik “Assistant Menu” yang melayang-layang tadi di layar smartphone kita.
  • Nantinya pada bagian “Assistant Menu” yang muncul di layar, kita dapat memilih menu screenshot.
  • Usai mengklik menu screenshot pada Assistant Menu, maka akan ada suara shutter yang terdengar yang menandakan bahwa proses screenshot berhasil dilakukan.
  • Nantinya hasil screenshot akan langsung tersimpan di galeri ponsel kita. Untuk itu silakan kita cek hasil screenshotnya apakah hasilnya sesuai atau tidak dengan yang kita harapkan. Jika tidak sesuai, kita bisa menghapusnya dan mengambil screenshot ulang.
  1. Cara Screenshot di HP Samsung A11 Menggunakan Tombol Fisik

Cara kedua yaitu melalui tombol fisik. Memang biasanya kita lebih akrab menggunakan tombol fisik ketika screenshot. Mungkin karena caranya lebih praktis dan mudah dibandingkan cara-cara lainnya. Selain itu kita menjadi lebih mudah dalam mengatur posisi screenshot yang yang sesuai kebutuhan kita.

  • Tahap pertama, silakan kita cari area yang akan dilakukan screenshot yang berada di Samsung Galaxy A11. Posisinya bisa berada di bagian aplikasi media sosial, m-banking, games dan lain sebagainya.
  • Lalu usai kita menentukan area yang ingin dilakukan screenshot, maka kita tekan tombol
    “Power” dan “Volume” yang ada di sebelah kanan HP. Pastikan untuk menekan tombol “Power” dan “Volume” secara bersamaan dalam beberapa detik. Tujuannya agar screenshot berhasil.
  • Setelah terdengar suara shutter dan layar HP berkedip, maka itu menandakan bahwa screenshot layar HP berhasil dilakukan. Nantinya hasil screenshot secara otomatis berada di bagian galeri HP kamu.
  • Untuk itu, bagi kita yang ingin melihat hasil screenshot maka tinggal buka menu galeri dan cek hasil screenshotnya. Apakah hasilnya sesuai atau tidak dengan yang kita harapkan. Jika tidak sesuai, kita bisa menghapusnya dan mengambil screenshot ulang.
  1. Cara Screenshot di HP Samsung A11 Lewat Usapan Telapak Tangan

Cara screenshot Samsung A11, bisa dilakukan menggunakan usapan telapak tangan. Cara ini hampir mirip dengan cara screenshot HP Samsung Galaxy A11 menggunakan tombol fisik. Pasalnya cara ini sama-sama menggunakan kelihaian tangan agar proses screenshot dapat berjalan dengan maksimal.  

Namun, terkadang ada di antara yang kita bingung mengenai cara melakukan screenshot lewat usapan telapak tangan. Padahal caranya cukup mudah dilakukan serta cukup praktis. Bagi yang penasaran dan ingin belajar cara menggunakannya, berikut ini cara selengkapnya.

  • Pertama-tama silakan buka menu “Pengaturan” atau “Settings”.
  • Di menu tersebut, silakan kamu scroll layar ke bawah dan pilih fitur “Next” dan menu “Gestures & Movements”.
  • Setelah itu silakan kamu tap ikon aktivasi pada menu “Swipe Palm To Pick Up”.
  • Saat ini, kita tinggal pilih tampilan layar yang akan dilakukan screenshot. Lalu jika kita sudah menentukan layar yang akan discreenshot, silakan usap layar dari arah kiri ke kanan untuk menangkap layar atau screenshot.
  • Nantinya hasil screenshot akan otomatis masuk ke dalam galeri.
  • Untuk itu, bagi kita yang ingin melihat hasil screenshot maka tinggal buka menu galeri dan cek hasil screenshotnya. Apakah hasilnya sesuai atau tidak dengan yang kita harapkan. Jika tidak sesuai, kita bisa menghapusnya dan mengambil screenshot ulang.
  1. Cara Screenshot Dengan Panjang di HP Samsung A11

Ketika melakukan screenshot, kita membutuhkan tampilan foto yang lebih panjang. Tujuannya supaya foto screenshot lebih lengkap sehingga kita bisa memilih hasil yang lebih maksimal. Namun, lagi-lagi ada saja yang bingung dengan cara melakukannya. Padahal di Samsung A11 kita bisa lakukan dengan baik.

Screenshot dengan panjang dan lengkap, bisa dilakukan di Samsung A11. Caranya mudah dan praktis, sehingga kita bisa melakukannya. Supaya tidak bingung, berikut ini informasi selengkapnya.

  • Pertama-tama silakan klik “Advanced Features” yang berada di bagian menu “Settings”.
  • Setelah itu silakan aktifkan fitur  “Smart Catch” untuk melakukan screenshot dengan panjang.
  • Sekarang fitur “Smart Catch” sudah aktif, dengan munculnya tanda “Smart Catch” yang berada di layar smartphone kita. .
  • Berikutnya silakan pilih ikon tanda panah yang mengarah ke bawah.
  • Lalu silakan kita tarik layar ke bawah untuk melakukan screenshot dengan tampilan yang lebih panjang.
  • Jika sudah cukup untuk melakukan screenshot ke bawah, silakan kamu klik “Ok” atau “Selesai”.
  • Nantinya secara otomatis screenshot akan otomatis di galeri. Kita tinggal mengecek apakah, hasilnya sesuai dengan keinginan atau tidak. Jika merasa kurang, silakan untuk mengulang cara itu lagi agar mendapat hasil yang maksimal.

Berbagai cara screenshot Samsung A11, menunjukan bahwa screenshot di Samsung A11 tidak sulit. Ada banyak cara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Jadi mulai sekarang tidak ada lagi kata sulit jika ingin melakukan screenshot Samsung A11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *