Cara Mengapus Akun IG Sementara dan Permanen

Cara Mengapus Akun IG Sementara dan Permanen

Cara Mengapus Akun IG Sementara dan Permanen

Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang terkenal. Walaupun begitu ada di antara kita yang justru ingin meninggalkan Instagram atau IG. Alasannya mungkin bersifat personal sehingga banyak yang penasaran mengenai cara menghapus akun IG baik sementara atau secara permanen.

Memang harus diakui bahwa hak masing-masing orang, untuk menghapus akun IG. Mungkin saja kita sudah merasa bosan bermain di Instagram. Atau mungkin juga alasannya karena Instagram dianggap sudah menjadi media sosial yang tidak nyaman. Bisa saja kita ingin membuat akun IG yang baru.

Cara Menghapus Akun IG Terlengkap

Terdapat 2 tipe cara menghapus akun Instagram yang bisa dipilih. Pertama adalah cara menghapus akun dengan sementara, dimana kita bisa kembali ke Instagram dengan mengaktifkan kembali akun. Cara kedua dengan menghapus secara permanen. Artinya akun sudah tidak bisa diaktifkan kembali.

  1. Cara menghapus Akun Instagram Secara Sementara

Pertama-tama adalah cara menghapus akun secara sementara. Berbeda dengan yang sifatnya permanen, cara menghapus secara sementara memungkinkan kita untuk kembali lagi ke Instagram. Akun kita hanya terhapus saja untuk kemudian bisa kembali lagi aktif serta bisa diakses secara normal.

Metode ini cocok bagi kita yang ingin beristirahat sebentar dari hiruk pikuk sosial media. Alasannya mungkin karena sedang sibuk menyusun skripsi, atau sedang ingin fokus bekerja. Semua orang memiliki alasan masing-masing, sehingga memutuskan untuk menghapus akun Instagram secara sementara.

  • Cara pertama, silakan untuk membuka aplikasi web browser di HP, laptop ataupun PC kita. Kita bisa mengaksesnya melalui Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.
  • Jika sudah selesai membuka aplikasi web browser, silakan untuk buka situs Instagram.com dan login akun kita. Caranya dengan mengetik username serta password akun di kolom yang tersedia.
  • Setelah berhasil melakukan login akun, mohon untuk klik atau ketuk foto profil kita yang berada di pojok kanan atas. Lalu silakan memilih menu “Pengaturan” atau “Settings”.
  • Di menu tersebut ada beberapa menu lain yang berkaitan dengan pengaturan akun. Karena kita ingin menghapus akun secara sementara, silakan pilih “Edit Profile” dan pilih menu “Temporarily Disable My Account”.
  • Usai mengetuk tautan tersebut, maka kita akan dimintai alasan untuk menghapus akun. Perlu diketahui bahwa alasan yang kita pilih bersifat rahasia. Jadi dimohon untuk menjawab alasan sejujur mungkin agar Instagram paham mengapa kita menghapus akun sementara.
  • Berikutnya, kita akan diarahkan untuk mengisi data password di kolom yang tersedia untuk kemudian menekan menu “Temporarily Disable Account”.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi bahwa akun kita berhasil dinonaktifkan secara permanen. Jadi kita berhasil untuk sejenak beristirahat dari Instagram.
  1. Cara mengaktifkan kembali Akun Instagram yang dihapus sementara

Berikutnya, kita juga bisa mengaktifkan kembali akun Instagram yang dihapus sementara. Pasalnya sifat manusia berubah-ubah. Mungkin saja, kita berubah pikiran dan ingin kembali ke Instagram. Alasan lainnya bisa saja kita ingin kembali ke Instagram karena rindu ingin berkomunikasi dengan teman-teman.

  • Pertama-tama silakan buka Instagram melalui web browser seperti Google Chrome, Opera Mini ataupun Mozilla. Untuk membuka Instagram melalui web, silakan membukanya melalui situs Instagram.com.
  • Sedangkan bagi kita yang sudah memiliki aplikasi Instagram di smartphone, maka silakan login untuk di aplikasi tersebut.
  • Selesai membuka Instagram baik di web browser ataupun smartphone, maka langkah berikutnya adalah login seperti biasa. Mohon untuk login ke akun kita dengan mengisi username serta password untuk login ke Instagram.
  • Terakhir silakan lakukan login, seperti biasa dan Instagram kita pun akhirnya kembali aktif seperti sedia kala.
  1. Cara menghapus akun Instagram secara permanen

Pilihan lainnya adalah dengan menghapus akun Instagram secara permanen. Langkah ini bisa ditempuh bagi kita yang benar-benar ingin meninggalkan Instagram. Menghapus akun Instagram dengan permanen adalah pilihan masing-masing, sehingga Instagram memberikan kebebasan untuk hapus akun.

Hapus akun Instagram secara permanen membuat kita tidak dapat lagi mengaktifkan akun tersebut. Semua data terhapus sehingga foto dan video yang kita posting di IG maka akan terhapus. Lalu jika kita ingin kembali ke Instagram artinya kita harus membuatnya lagi dengan email dan identitas yang baru.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi web browser website seperti Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox dan lain sebagainya. Kita bisa membukanya melalui perangkat smartphone, laptop ataupun tablet.
  • Jika sudah membuka web browser tersebut, silakan mengunjungi situs resmi Instagram yaitu Instagram.com untuk melakukan login.
  • Di tab lainnya, silakan membuka link instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.
  • Di tab hapus akun, kita akan diminta memilih alasan untuk menghapus Instagram. Perlu dikethaui bahwa semua alasan kita bersifat rahasia. Lalu semua alasan tidak akan berpengaruh pada pengajuan kita untuk menghapus akun. Jadi silakan pilih sesuai dengan perasaan kita.
  • Usai memilih alasan untuk hapus akun, kita akan diarahkan untuk memasukkan password akun Instagram di kolom yang tersedia. Langkah terakhir adalah pilih opsi “Permanent Delete My Account” dan tunggu beberapa saat sampai delete akun berhasil dilakukan.
  • Dengan menghapus akun, maka semua data akan akun akan terhapus dan teman atau keluarga kita tidak dapat menemui akun Instagram kita. Baik di daftar teman ataupun kolom pencarian di Instagram.
  1. Cara Menghapus Akun Instagram Namun Password

Terkadang ketika ingin menghapus akun, kita mengalami masalah yaitu lupa password akun. Hal ini sangat mengesalkan karena salah satu cara untuk menghapus akun adalah dengan mengisi password di kolom tersebut. Namun, kita tidak perlu khawatir dengan masalah ini.

Ada cara yang bisa dilakukan saat kita ingin menghapus tetapi lupa dengan password. Caranya juga cukup mudah dan berikut ini cara menghapus akun IG, tetapi kita lupa kombinasi password akun kita. Berikut ini cara selengkapnya.

  • Langkah pertama, silakan buka web browser seperti Google Chrome, Opera Mini, Mozilla melalui perangkat PC ataupun laptop kita.
  • Berikutnya buka Instagram melalui situs instagram.com di salah satu web browser yang ada di perangkat PC atau laptop kita.
  • Kemudian di halaman Instagram web, pilih opsi “Forgot Password” yang terletak di bagian bawah kolom username dan password.
  • Di menu “Forgot Password” mohon untuk mengisi alamat email, agar kita bisa mendapatkan link untuk pemulihan kata sandi akun.
  • Selanjutnya silakan pilih “I am Not Robot” dan pilih “Reset Password”.
  • Lalu masukkan alamat email yang akan dikirimkan link untuk pemulihan akun, dan ikuti semua instruksi yang diberikan.
  • Setelah selesai, buka kotak masuk email dan cari pesan dari Instagram. Mohon untuk klik link dan pilih menu “Reset Password” untuk mengubah password Instagram kita.
  • Berikutnya silakan klik lagi “Reset Password” untuk melakukan konformasi.
  • Akun Instagram kini telah bisa kembali diakses dengan password baru. Untuk menghapus akun silakan buka situs www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.
  • Di tab hapus akun, kita akan diminta memilih alasan untuk menghapus Instagram.
  • Usai memilih alasan untuk hapus akun, kita akan diarahkan untuk memasukkan password akun Instagram di kolom yang tersedia.
  • Dilih opsi “Permanent Delete My Account” dan akun berhasil dihapus.

Menghapus akun Instagram merupakan keputusan yang besar. Oleh Karena itu sebelum memutuskan untuk mengikuti semua cara menghapus akun IG, silakan pikirkan dahulu mengenai dampak jika kita menghapus akun Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *