Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama cukup banyak dicari dalam setahun belakangan ini. Hal ini tak terlepas dari program bantuan kuota yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Pasalnya kuota yang diberikan hanya bisa digunakan untuk mengakses situs – situs tertentu yang digunakan untuk belajar.

Hal ini membuat banyak pelajar merasa tidak bebas untuk menggunakan kuotanya pada kepentingan yang lain. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang mencari bagaimana cara mengubah kuota tersebut menjadi kuota utama. Di sini, kami akan jelaskan caranya, jadi simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Pada konsepnya, kita tidak bisa mengubah kuota belajar menjadi kuota utama secara langsung dari provider. Namun kita bisa melakukan beberapa trik sehingga kuota tersebut membaca aktivitas kita sebagai aktivitas yang bisa diakses oleh kuota tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Menggunakan Google Drive

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan Google Drive. Cara ini tidak benar-benar mengubah, namun hanya menyamarkan penggunaan saja. Konsep ini didasarkan dari kuota belajar yang mengizinkan penggunanya untuk mengakses Google Drive.

Nah, dari sini, kita bisa menggunakan kuota belajar ini untuk menonton film melalui file yang disimpan dahulu melalui Google Drive. Sehingga walaupun pengguna sedang menonton film, sistem akan tetap mengenali aktivitas ini sebagai aktivitas dalam Google Drive.

Seperti itulah konsepnya, untuk detail caranya, ikuti tutorial berikut ini :

  • Pertama, siapkan link Google Drive yang akan digunakan untuk streaming atau menonton film atau video
  • Setelah itu cari video atau film yang akan ditonton menggunakan kuota pendidikan
  • Simpan video tersebut pada link Google Drive
  • Buka Google Drive dan coba tonton video tersebut secara langsung di dalamnya.

Setelah melakukan cara di atas, cek kuota dan lihat kuota pendidikan akan berkurang. Artinya, kita sudah berhasil menggunakan kuota pendidikan untuk hal lain yakni streaming film atau video.

Akan tetapi cara ini sangat terbatas untuk menonton video saja. Padahal kebutuhan lain masih banyak dan belum tercover. Tenang, masih ada cara yang bisa dilakukan. Yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga. Begini caranya :

  1. Menggunakan Aplikasi Anonytun

Sebelum beranjak ke caranya, aplikasi Anonytun adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk firewall jaringan internet melalui bug yang dipassing ke dalam sistemnya. Nantinya, aplikasi ini akan mengeksplorasi bug tersebut dan menyamarkan semua aktivitas internet yang kita lakukan.

Contohnya jika kita menggunakan bug pada website endoint Ruangguru, maka aplikasi Anonytun akan menyamarkan semua aktivitas penjelajahan di internet kita sebagai aktivitas mengakses website Ruangguru. Namun, dari segi kecepatan memang berkurang dari internet biasa.

Untuk bisa menggunakannya, pastikan sudah memiliki link bug yang akan diisikan di aplikasi Anonytun. Link-link ini bisa dengan mudah ditemukan di internet dan kita bisa langsung menggunakannya. Berkut cara setting Anonytun.

  • Download dan install dahulu aplikasi Anonytun melalui Google Play Store
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Anonytun tersebut
  • Ubah dulu posisi aplikasi menjadi Best Performance untuk performa yang maksimal
  • Selanjutnya klik Stealth Settings
  • Pada opsi Stealth Tunnel ganti statusnya menjadi ON dan ganti beberapa pengaturan berikut ini :
    • Menu Connect via Parent Proxy jadi OFF
    • Advanced SSL Settings jadi ON
    • Custom TCP / HTTP Headers jadi OFF
    • Ubah Connection Port jadi 443
    • Terakhir ubah Connection Protocol jadi OFF
  • Setelah semua siap, pilih opsi Edit SSL Settings dan sesuaikan pengaturan berikut ini :
    • Spoof Host Port jadi ON
    • True SSL jadi ON
    • Spoof Port jadi 443
    • Terakhir isikan Spoof Host dengan link bug dari kuota yang sedang digunakan
  • Klik OK untuk mengkonfirmasi semua perubahan di atas
  • Klik Save untuk menyimpan pengaturan yang sudah dibuat
  • Setelah semua siap, klik Connect untuk menghubungkan smartphone ke internet
  • Klik OK pada pop up yang muncul sebagai tanda menyetujui penayangan iklan karena memang Anonytun ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara gratis
  • Pilih OK saat mengatur sambungan internet dengan VPN agar internet tetap bisa berjalan di latar belakang walaupun aplikasi Anonytun telah ditutup.

Dengan cara ini, kita bisa menikmati internetnya dengan normal tanpa harus menggunakan Google Drive. Kita bisa membuka apapun seperti membuka sosial media Instagram, Tiktok, melakukan browsing di Google, dan masih banyak lagi.

Penyebab Aplikasi Anonytun Gagal Merubah Kuota

Sayangnya menggunakan aplikasi Anonytun tidak menjamin 100 % akan berhasil. Karena akan ada beberapa kegagalan yang mungkin saja dialami. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kegagalan pada Anonytun antara lain :

  1. Salah Setting Bug

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, menggunakan Anonytun artinya kita akan mengeksplorasi bug pada jaringan. Caranya adalah dengan mem-passing endpoint url yang digunakan untuk menyamarkan aktivitas internet.

Jika setting bug ini salah dan kita salah mem-passing endpoint url yang sebenarnya bukan merupakan bug dari sistem tersebut, maka besar kemungkinan akan gagal terkoneksi ke internet menggunakan Anonytun.

Contohnya, kuota pendidikan biasanya akan memberikan akses ke WA, maka dari itu, passing url website WA ke Anonytun untuk menyamarkan aktivitas.

  1. Koneksi Internet Sedang Mati

Meskipun kelihatannya sepele, namun hal ini sering terjadi. Anonytun memang memberikan akses ke internet dengan mengeksplorasi bug yang ada. Tapi ini bukan berarti internet boleh mati. Anonytun masih membutuhkan internet dari smartphone untuk bisa tersambung.

  1. Terdapat Kesalahan pada Posisi Aplikasi

Jika cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama masih belum juga berjalan, mungkin saja masalahnya ada pada posisi aplikasi. Jika ingin menggunakannya untuk bermain game, sebaiknya ubah ke mode gaming, sedangkan untuk penggunaan umum, cukup gunakan mode best performance.

  1. Jaringan Tidak Stabil

Menggunakan Anonytun mungkin sebagian besar akan mengalami penurunan kecepatan internet yang cukup signifikan. Namun, ketika kita tidak bisa terhubung, bisa saja disebabkan oleh kecepatan internet yang lambat tersebut.

Oleh karena itu sebelum menyambungkan ke internet, sebaiknya pastikan dulu koneksi internet sudah dalam keadaan prima.

Jika dalam 3 – 5 menit pertama koneksi masih sangat lambat, tak perlu khawatir karena biasanya kalau sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama kecepatan akan berangsur-angsur membaik.

  1. Jendela Aplikasi Tidak Sengaja Tertutup

Internet dari Anonytun memang bisa digunakan meskipun aplikasi ini sedang berjalan di latar belakang. Sayangnya pengguna Anonytun sering lupa dan menutup aplikasi tersebut. Hasilnya, internet tidak akan bisa terhubung dengan smartphone karena aplikasinya tidak berjalan.

Kuota Belajar atau kuota pendidikan adalah kuota bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada setiap pelajar yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu gunakanlah secara bijak dan gunakan untuk kepentingan mencari ilmu serta menunjang aktivitas pembelajaran jarak jauh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *