Cara Download dan Daftar Aplikasi Cek Bansos Terbaru

Cara Download dan Daftar Aplikasi Cek Bansos Terbaru

Cara Download dan Daftar Aplikasi Cek Bansos Terbaru

Bantuan sosial (Bansos) yang saat ini diselenggarakan oleh pemerintah dalam rangka membantu masyarakat terdampak ekonomi akibat pandemi sudah go online. Dalam hal ini cara pendaftarannya adalah melalui aplikasi android yang diterbitkan oleh Kementrian Sosial (Kemensos).

Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi Cek Bansos. Aplikasi tidak hanya berfungsi untuk mengecek penerima bansos saja melainkan juga terdapat menu Usul dan menu Sanggah.

Menu Usul digunakan untuk mengajukan usulan sebagai penerima bantuan sosial (Bansos). Sedangkan menu Sanggah adalah menu yang digunakan untuk menyanggah atau melaporkan seseorang yang seharusnya tidak menerima bantuan, tapi justru mendapat bantuan.

Hal ini tak terlepas dari kejadian di lapangan yang mana masih terdapat kesalahan data penerima bantuan sosial (Bansos). Untuk itu postingan ini akan membahas bagaimana cara mendaftar penerima bansos.

Namun sebelum mendaftar, kita perlu mendownload dan mendaftar akun di Aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu. Berikut tutorial singkatnya

BANSOS TERBARU CEK DISINI

Cara Download Aplikasi Cek Bantuan Sosial (Bansos)

Sebelum mendownload dan menginstal aplikasi cek bansos, alangkah baiknya siapkan Kartu tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) sebagai dokumen persyaratan nanti.

Cara download dan isntal aplikasi bansos sebagai berikut:

  1. Kunjungi Playstor di hape masing-masing
  2. Cari Aplikasi Cek Bansos
  3. Dikarenakan banyak aplikasi cek bansos yang serupa, pastikan yang diisntal adalah aplikasi cek bansos dari Kemensos
  4. Atau untuk mudahnya bisa mengunjungi LINK DOWNLOAD APLIKASI BANSOS KEMENSOS
  5. Klik Download dan Install

Cara Daftar Akun di Aplikasi Cek Bansos

Selanjutnya setelah kita mendownload dan menginstal aplikasi cek bansos terbitan Kemensos, maka kita perlu mendaftar akun dahulu. Hal ini agar kita mendapatkan User ID yang nantinya akan digunakan untuk login dan mendaftar.

Cara mendaftar akun di aplikasinya sebagai berikut

  1. Lakukan pendaftaran akun dengan mengisi data KTP yakni nomor NIK, data KK, nama lengkap dan alamat lengkap, no handphone, alamat email dan sebagainya.
  2. Isikan data diatas dengan data yang sebenar-benarnya
  3. Lakukan selfi dengan KTP dan foto KTP
  4. Cek kode OTP yang dikirimkan ke email masing-masing
  5. Setekah data diverifikasi oleh petugas, maka aplikasi siap digunakan