Ada Bansos Baru Khusus untuk Pedagang Dapat Rp. 1,2 Juta

Ada Bansos Baru Khusus untuk Pedagang Dapat Rp. 1,2 Juta

Ada Bansos Baru Khusus untuk Pedagang Dapat Rp. 1,2 Juta

Kabar gembira bagi para pelaku usaha kecil khususnya pedagang dan pelaku usaha kecil lainnya. Pasalnya pemerintah meluncurkan program bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi covid secara ekonomi.
Hal ini tak lepas dari PPKM yang diperpanjang di beberapa wilayah daerah di Indonesia.

Bansos Khusus Pedagang Kecil

Merupakan bantuan usaha dari pemerintah untuk pelaku usaha kecil yang terdampak ekonomi akibat pandemi. Pelaku usaha kecil ini meliputi pedagang kecil, pedagang kaki lima, usaha warung dan sebagainya. Hal ini karena banyak sekali usaha kecil tersebut tidak mempunyai penghasilan bahkan sama sekali akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

Besaran Bansos Pedagang Kecil

Bansos pedagang kecil ini per penerima bantuan adalah sebesar Rp. 1,2 juta. Bantuan ini ditargetkan untuk menyasar 1 juta pedagang kecil, usaha mikro, yang ada di Indonesia. Saat ini pemerintah telah menyusun dan menfinalkan program bansos pedagang kecil agar segera terealisasi.

Ketua Komite Penanganan Covid 19, Pak Airlangga Hartato dalam sebuah konferensi pers di Jakarta menyampaikan “Ini regulasinya sudah disiapkan”, ujar beliau pada Agustus 2021 lalu.

Akan tetapi Airlangga Hartato sendiri masih belum memastikan kapal pelaksanaan bansos ini. Termasuk keterlibatan TNI dan Polri dalam pelaksanaanya

DAFTAR BANSOS UMKM DISINI

Perbedaan Bansos Pedagang Kecil dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Pada dasarnya Bansos Pedagang dan Banpres Produktif Usaha Mikro adalah sama-sama program pemerintah. Yakni upaya pemerintah untuk membantu masyarakat pelaku usaha kecil ditengah kondisi pandemi yang memberi dampak ekonomi.

  • Bansos pedagang kecil berbeda dengan Banpress Poruktif usaha mikro (BPUM). Walaupun dari segi besaran bantuan untuk tahun ini adalah sama yakni 1,2 juta rupiah.
  • Bansos Pedangang kecil direncanakan akan melibatkan Polri dan TNI dalam penyalurannya.
  • Sedangkan Banpres usaha mikro (BPUM) ini di cairkan melalui transfer bank HIMBARA.

Cara Cek Bansos Lewat Aplikasi Hape

Bagi para pedangang kecil atau pelaku usaha yang ingin mengetahui apakah menjadi penerima Bansos Pemerintah, maka bisa mengeceknya di aplikasi cek Bansos. Aplikasi Cek Bansos ini dikeluarkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Namun sebelumnya siapkan dahulu data Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Lalu download di playstore masing-masing dan Install Aplikasi Cek Bansos dari Kemensos (Kementerian Sosial).

PENDAFTARAN BANSOS KHUSUS PEDAGANG