Cara Memperbaiki Masalah Microsoft CHKDSK di Windows 10 Update KB4592438

Cara Memperbaiki Masalah Microsoft CHKDSK di Windows 10 Update KB4592438

Cara Memperbaiki Masalah Microsoft CHKDSK di Windows 10 Update KB4592438

Mengenai masalah pada alat chkdsk yang dilaporkan kemarin, baru-baru ini Microsoft telah menambahkan masalah baru yang diketahui dalam pembaruan KB4592438 yang dirilis pada 8 Desember, di mana tampaknya mereka telah menambahkan perbaikan yang terkait dengan masalah chkdsk.

Masalah ini telah teratasi dan sekarang harus dicegah secara otomatis pada perangkat yang tidak dikelola.” Catatan Microsoft di halaman pembaruan catatan rilis kb4592438.

Ya, setidaknya itu yang dikatakan Microsoft, bagi pengguna yang sebelumnya belum pernah melakukan instalasi update tersebut bisa langsung melakukan update untuk mendapatkan perbaikannya.

*Perhatikan, bagaimanapun, bahwa mungkin perbaikan paling optimal akan diberikan pada Patch Selasa Januari 2021 mendatang, jadi hingga saat itu diharapkan pengguna masih tidak memasukkan perintah chkdsk c: /f atau menggunakan perintah chkdsk dengan menambahkan perintah chkdsk c: /f /f parameter.
Jika Perangkat Sudah Tidak Dapat Boot

Cara mengatasi kasus BSOD jika sudah tidak bisa booting

Nah jika pengguna sudah tidak bisa melakukan booting dan Windows 10 menemukan kasus BSOD setelah memasukkan perintah chkdsk c: /f sebelumnya, pengguna dapat melakukan beberapa langkah yang direkomendasikan oleh Microsoft di bawah ini.

  1. Langkah 1. Masuk ke menu recovery console atau Advanced Startup, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk masuk ke menu atau biasanya saat proses POST user bisa menekan tombol F8 untuk masuk ke sana.
  2. Langkah 2. Pada menu Recovery Console, silahkan klik Troubleshoot dan masuk ke Advanced Options.
  3. Langkah 3. Pada halaman Advanced Options, silahkan pilih Command Prompt, dan silahkan masukkan perintah berikut.

Silahkan tunggu hingga proses scanning selesai, dan jika sudah silahkan masukkan perintah exit untuk keluar dari command prompt.

Setelah langkah-langkah di atas berhasil dilakukan, menurut Microsoft perangkat sekarang seharusnya dapat melakukan booting secara normal, tetapi jika perangkat kembali ke Konsol Pemulihan, pengguna dapat memilih Keluar dan melanjutkan ke Windows 10.

Nah jika sebelumnya anda mengalami masalah, mungkin langkah diatas bisa anda jadikan referensi untuk memperbaikinya.