Setelah Apple, Microsoft Berencana Membuat Chip ARM Sendiri

Setelah Apple, Microsoft Berencana Membuat Chip ARM Sendiri

Setelah Apple, Microsoft Berencana Membuat Chip ARM Sendiri

Seperti kita ketahui Apple telah meluncurkan Apple Silicon M1 yang sudah hadir di beberapa lini perangkat yaitu Macbook Pro, Macbook Air dan Mac Mini, banyak hal baru yang mengubah teknologi mereka, semua karena daya yang diberikan cukup minim tanpa meninggalkan performa yang tetap menjadi juara.

Bahkan chip SQ1 microsoft pada perangkat Surface Pro X sendiri kalah bersaing dengan chip M1 saat menjalankan Windows 10 ARM, bahkan melalui emulator, Anda dapat melihat artikel Windows 10 ARM Berjalan Lebih Cepat di Apple M1 Daripada Surface Pro X untuk melihat perbandingannya .

Chip Arm yang ada Kurang Kompetitif untuk Microsoft?

Karena terlihat kurang kompetitif, Microsoft juga tampaknya mempertimbangkan untuk mengerjakan Chip ARM kustomnya sendiri, tidak seperti SQ1 dan SQ2 yang dikembangkan dengan Qualcomm, melainkan Chipset Microsoft itu sendiri.

Dan dilansir dari Bloombergpage, tujuan dari chip baru ini adalah untuk mendayai produk Microsoft Surface dan Server, dimana Microsoft juga memiliki tujuan jangka panjang yang sama dengan Apple yaitu untuk mengurangi ketergantungan pada Intel dan sebagai gantinya menggunakan produk internal yang lebih optimal. untuk perangkat perusahaan sendiri, termasuk di perangkat Server dan Azure mereka.

Namun hingga saat ini masih belum jelas seperti apa chip baru tersebut, apakah untuk Server atau Surface saja atau bisa juga untuk Desktop?, atau apakah chip baru ini akan dikembangkan kembali dengan Qualcomm, banyak pertanyaan terkait hal ini. , karena entah bagaimana Microsoft juga mengatakan bahwa ini hanya tahap pengembangan awal.

Setelah Chipset SQ yang dikembangkan Microsoft dengan Qualcomm sebelumnya, dengan adanya kabar ini, bisa dibilang cepat atau lambat Microsoft akan bisa melakukan segalanya tanpa perlu partner untuk mendukung produknya.

Bagaimana menurut Anda tentang hal ini?, apakah Microsoft juga akan meninggalkan Qualcomm untuk membangun chipset barunya, atau akankah Microsoft terus bekerja sama untuk meningkatkan chip SQ generasi berikutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *